:: Sejarah Singkat Ikatan Pelajar Alwashliyah

Sebagai kader Alwashliyah yang militan, sejarah organisasi haruslah benar-benar dikuasai dan dipahami dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi. Ikatan Pelajar Alwashliyah yang merupakan organisasi bagian dari Alwashliyah. Pada kesempatan ini coba untuk mempostingkan sejarah awal organisasi ini.Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.
Sebelum bernama Ikatan Putera Puteri Al Washliyah (IPA), awalnya organisasi yang menaungi para pelajar Al Washliyah yang lahir dari rahim Kongres ke IX Al Washliyah di Medan tahun 1953, dikenal dengan nama Ikatan Pelajar Al Washliyah Putera (IPA Putera) dan Ikatan Pelajar Al Washliyah Puteri (IPA Puteri) yang mempunyai pucuk pimpinan sendiri-sendiri. IPA Putera di bawah pengawasan Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA) dan IPA Puteri di bawah pengawasan Angkatan Puteri Al Washliyah.

Perubahan nama sesungguhnya tidak menjadi keinginan para kader organisasi yang hadir sebagai peserta pada Muktamar Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) Ke IX, tapi lebih pada situasi dan kondisi yang mengharuskannya. Adalah UU No. 8 tahun 1985 yang akhirnya “memaksa” Muktamar Ikatan Pelajar Al Washliyah (IPA) tahun 1997 di Bandung harus menentukan pilihan antara melakukan pergantian nama atau membubarkan diri.

Cukup lama organisasi ini bertahan demi sebuah harapan untuk tetap kukuh dengan idealismenya, tapi ternyata semua kader harus mengikhlaskan diri untuk melakukan penyesuaian demi keberlangsungan perjuangan dan pengabdian, meskipun hal itu terasa berat.

Itulah sekilas proses pergantian nama organisasi yang menjadi catatan sejarah penting untuk diketahui oleh para kader yang masih terus melakukan pengabdian di IPA ataupun yang sudah menjadi alumni.

3 Responses to “:: Sejarah Singkat Ikatan Pelajar Alwashliyah”

  1. Anonymous Says:

    berjuang lah al washliyah

  2. Anonymous Says:

    berjuang lah al washliyah,,,,
    jadi kan generasi2 yg baru

Comments are closed.


%d bloggers like this: